NAMA                       : RANGGA ALDIANSYAH
NIM                            : 15180155
KELAS                      : 15.4A.28
PRODI JURUSAN   : ILMU KOMPUTER

Peranti Interaktif

PIRANTI INPUT
•Input berhubungan dengan proses perekaman dan pemasukan data kedalam system computer dan memberi perintah ke komputer.                                                                                    
•Agar dapat berinteraksi dengan system komputer secara efektif, pengguna harus mampu mengkomunikasikan keinginan nya dengan cara yang dapat dimengerti system komputer. •Mengendalikan suatu kejadian dalam system adalah dengan membantu pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan nya dengan aman,efektif,efisien,danjika mungkin menyenangkan.
1. Piranti Masukan Keyboard
Tombol pada papan ketik (keyboard) di kelompok kan menjadi 4 bagian:
a.Tombol Fungsi (functionkey)
b.Tombol Alpha numerik (alphanumerickey)
c.Tombol Kontrol (controlkey)
d.Tombol Numerik (numerickey)
2. Peranti Penuding dan Pengambil
(Pointing and picking device) “
Peranti interaktif yangdi gunakan untuk menunjuk/menuding atau menempatkan kursor pada suatu posisi dilayar tampilan dan untuk mengambil suatu item informasi untuk di pindahkan ketempat lain“.
Perbandingan(ratio) kontrol/tampilan:
Gerakan tangan atau respon
K/T    = -----------------------------------
Gerakankursor
3. Peranti penuding dan pengambil
a.Mouse
b.Joystick
c.Trackball
d.PointingStick
e. Touch Pad
f. Touch Screen
g. Digitizing tablet / Graphics tablet
h.LightPen
4. Pengambilan Gambar Terformat
Di pergunakan untuk mengambil citra terformat, bentuk dan format huruf nya sudah di tentukan.
5. Pengambil Gambar tak Terformat
Dipergunakan untuk mengambil gambar atau citra yang belum memiliki format baku.
6. Gerakan
Peranti yang digunakan untuk memantau gerakan manusia yang banyak dimanfaatkan pada virtual reality
7. Layar Tampilan terdiri dari :
a.Pengingat digital (frame buffer)
Citra yang akan ditampilkan kelayar disimpan sebagai matrix nilai elemen nya menunjuk kan intensitas dari citra grafis yang akan ditampilkan.
b.Pengendali tampilan (display controller)
Berfungsi untuk melewatkan isi pengingat digital dan mengolah nya untuk ditampilkan kelayar.
c.Pengolah Tampilan (display processor)
Bagian yang mengubah pola bit dari pengingat digital menjadi tegang ananalog, yang selanjut nya akan membangkit kan electron yang digunakan untuk menembak fosfor pada layar tampilan
8. Tipe Layar Tampilan
Berdasar jenis-jenis adapter yang disajikan diatas, dikenal pula beberapa jenis layar tampilan untuk bias dipakai bersama-sama dengan salah satu dari adapter tampilan di atas. Layar tampilan bias dikelompokkan ke dalam dua tipe yang dijelaskan sebagai berikut. Beberapa jenis tipe layar tampilan:
a. Direct-drive Monochrome Monitor
Tipe layar tampilan ini biasa nya digunakan untuk adapter dari jenis MDA atau EGA. Layar tampilan jenis ini hanya menyajikan warna latar depan (foreground) dan warna latar belakang (background).
b. Composite Monochrome Monitor
Tipe layar ini digunakan bersama-sama dengan adapter dari jenis CGA. Tipe layar ini hanya bisa menyajikan sebuah warna latar depan, dan hanya dapat digunakan bersama-sama dengan adapter dari jenis CGA. Saatini, layar dengan tipe ini sudah jarang ditemui, karena resolusi dan jumlah yang dapat ditampilkan nya memang tidak banyak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UNAUTHORIZED ACCESS TO COMPUTER SYSTEM AND SERVICE BAB IV

UNAUTHORIZED ACCESS TO COMPUTER SYSTEM AND SERVICE TUGAS AKHIR